Perlengkapan Sepeda
Bagi siapa yang memiliki sepeda baik itu hobi atau sudah jadi keperluan
sehari-hari rasanya tak afdol bila tidak memiliki perlengkapan bengkel
atau sejenisnya. Namun ada saja yang menganggap itu keperluan yang
tidak terlalu penting, tetapi bagaimana bila seorang goweser yang ingin
sekali tau cara otak-atik sepedanya sendiri bila mengalami kerusakan,
nah itu dia wajiblah peralatan yang cukup lengkap. Kemahiran dalam
bentuk mendandani sepedanya yang rusak secara sendiri terbilang penting
menurut saya bagi dia yang sering bergowes menjelajahi perkampungan,
hutan atau bentuk alam yang diluar dari keramaian bengkel dipinggir
jalan. Bila suatu saat terjadi problem yang cukup merepotkan di tengah
perjalanan saat melewati perkampungan, nah skill inilah yang dapat
menolong. Dengan terampil dan didukung peralatan memadai, goweser mampu
memberesken problemnya sendiri sehingga dapat melanjutkan perjalanan
menyusuri alam kembali.
Ada beberapa yang menurut saya sangat penting dan beberapa alat penunjang , contoh2 dari yang penting dibawa/dipakai:
Helm,
Hoho, bagi yang suka extrim macam downhill atau AM, ini merupakan
perangkat terpenting, masalahnya otak kepala merupakan organ terpenting.
Untuk downhill rata2 dan diwajibkan menggunakan yang fullface, berapa
harganya? Mahal!! Ko mahal, ya gunanya pun untuk yang mahal ya itu
kepala, lalu untuk xc terbilang jauh lebih murah dibanding DH, karena
untuk xc atau cross country ga banyak menggunakan maneuver berbahaya
saat bergowes ria, jadi rata2 menggunakan helm yang tidak fullface.
Sarung tangan:
Penting ga penting sih, cuma kurang enak bersepeda jarak jauh dengan
tangan yang berkeringat dimana dapat mengurangi efek genggaman tangan
pada stang/handgrip, alih2 ingin reflek pada lubang namun tangan tidak
menempel sempurna eh malah oleng, lumayan jugakan kalo jatuh. hhe
Hex key/allen key:
Kunci ini merupakan kunci terpenting dan banyak digunakan untuk sepeda
MTB, kerena rata2 kunci yang diperlukan menggunakan kunci tersebut, anda
dapat membelinya di toko sepeda atau peralatan bengkel, harga ada yang
murah dan ada yang cukup mahal, ya bisa dibilang ada harga ada
kualitas, hhe.
Hex key yang kualitas jelek
12ribuan
Kenapa
saya bilang kualitas jelek? soalnya saya pakai untuk membuka mur/baut
yang kerasnya minta ampun, eh malah ujung kuncinya hampir jadi
lingkaran/dol -__-“. Jadi mending sekalian beli yang kaya di bawah ini
aja.
Hex key kualitas bangus
50 ribuan ke atas
Lalu obeng kembang/positif:
Selain kunci hex key, kunci yang dianggap sepele ini pun sangatlah
penting, gunanya rata2 untuk mensetting rear derailleur/front
derailleur, atau biasa disingkat RD/FD. Apa sih kegunaan RD/FD? Dia
merupakan komponen penting guna untuk memindahkan gear. Ga lucukan kalo
tanjakan curam hanya menggunakan gear kecil, dikarenakan RDnya rusak/ga
normal. Maka dari itu cukup penting membawa obeng ini untuk kelancaran
perpindahan gear bilamana settingan FD/RD berubah karena medan track
yang rusak.
Chain rivet extractor/untuk sambung putus rantai;
Alat yang sederhana tapi lumayan mahal sekitar 50 ribuan , gunanya apa
sih? Ya sesuai dengan namanya dia berguna untuk menyambungkan rantai
yang terputus, ko ada sambung putus? Buat apa diputus trus disambung?
Nanti juga ngerti maksudnya hhe. Jujur saya masih belom bisa menjelaskan
untuk alat ini secara detail, karena saya pun masih terbilang newbie
untuk urusan yang ini. Untuk itu saya lampirkan videonya
di mari Mini pump/pompa kecil
Si imut ini berguna untuk memompa ban yang kempis di tengah jalan,
dengan bobot yang terbilang sangat ringan tapi lumayan penting, jadi
bila berpergian jauh yang mana disinyalir tidak ada tempat pompa ban di
pinggiran jalan maka alat ini perlu dibawa, harganya tergolong murah
sekitar 35 ribu ke atas :D.
Setelah beberapa alat tadi
yang tergolong penting, lalu di bawah ini beberapa yang menurut saya
disimpan di rumah saja :))
Freewheel remover:
Apaan tuh? Hhe bagi yang pandai bahasa inggris sih biasanya ngerti,
tapi kalo yang kaga kaya saya aga rancu juga buat deskripsiinnya. Alat
ini berguna untuk mencopot dan memasang sprocket pada bagian freehub
belakang. Harganya aga bikin nelen ludah hha. Tapi ada ko yang aga
murah, dia berbentuk gabungan mistar besi dan rantai, tapi yang saya
miliki bukan yang seperti itu.
Chain lube:
Yang punya motor pasti tau dah kalo kaya gini, parawatan pada rantai
baiknya dilumasi dengan pelumas khusus, jangan menggunakan oli bekas,
karena akan mengurangai masa keawetan rantai, maka dari itu gunakan
chain lube saja, toh harganya perbotol rata2 15ribuan.
Kunci jari-jari:
Kunci ini digunakan untuk mengencangkan jari-jari, ciri2 jari2 yang
tidak kencang atau sudah perlu pembetulan biasanya di tandai dengan ban
yang sudah goyang/ tidak presisi lag