Kamis, 13 September 2012

Peralatan sepeda saat gowes

Feb 8, '12 12:34 PM
untuk semuanya
Perlengkapan Sepeda

         Bagi siapa yang memiliki sepeda baik itu hobi atau sudah jadi keperluan sehari-hari rasanya  tak afdol bila tidak memiliki perlengkapan bengkel atau sejenisnya. Namun ada saja yang menganggap itu keperluan yang tidak terlalu penting, tetapi bagaimana bila seorang goweser yang ingin sekali tau cara otak-atik sepedanya sendiri bila mengalami kerusakan, nah itu dia wajiblah peralatan yang cukup lengkap. Kemahiran dalam bentuk mendandani sepedanya yang rusak secara sendiri terbilang penting menurut saya bagi dia yang sering bergowes menjelajahi perkampungan, hutan atau bentuk alam yang diluar dari keramaian bengkel dipinggir jalan. Bila suatu saat terjadi problem yang cukup merepotkan di tengah perjalanan saat melewati perkampungan, nah skill inilah yang dapat menolong. Dengan terampil dan didukung peralatan memadai, goweser mampu memberesken problemnya sendiri sehingga dapat melanjutkan perjalanan menyusuri alam kembali.

         Ada beberapa yang menurut saya sangat penting dan beberapa alat penunjang , contoh2 dari yang penting dibawa/dipakai:

Helm,


         Hoho, bagi yang suka extrim macam downhill atau AM, ini merupakan perangkat terpenting, masalahnya otak kepala merupakan organ terpenting. Untuk downhill rata2 dan diwajibkan menggunakan yang fullface, berapa harganya? Mahal!! Ko mahal, ya gunanya pun untuk yang mahal ya itu kepala, lalu untuk xc terbilang jauh lebih murah dibanding DH, karena untuk xc atau cross country ga banyak menggunakan maneuver berbahaya saat bergowes ria, jadi rata2 menggunakan helm yang tidak fullface.

Sarung tangan:
        Penting ga penting sih, cuma kurang enak bersepeda jarak jauh dengan tangan yang berkeringat dimana dapat mengurangi efek genggaman tangan pada stang/handgrip, alih2 ingin reflek pada lubang namun tangan tidak menempel sempurna eh malah oleng, lumayan jugakan kalo jatuh. hhe

Hex key/allen key:

        Kunci ini merupakan kunci terpenting dan banyak digunakan untuk sepeda MTB, kerena rata2 kunci yang diperlukan menggunakan kunci tersebut, anda dapat membelinya di toko sepeda atau peralatan bengkel, harga ada yang murah dan ada yang cukup mahal, ya bisa dibilang  ada harga ada kualitas, hhe.

Hex key yang kualitas jelek
12ribuan

Kenapa saya bilang kualitas jelek? soalnya saya pakai untuk membuka mur/baut  yang kerasnya minta ampun, eh malah ujung kuncinya hampir jadi lingkaran/dol -__-“. Jadi mending sekalian beli yang kaya di bawah ini aja.

Hex key kualitas bangus
50 ribuan ke atas

        Lalu obeng kembang/positif:

        Selain kunci hex key, kunci  yang dianggap sepele ini pun sangatlah penting, gunanya rata2 untuk mensetting rear derailleur/front derailleur, atau biasa disingkat RD/FD. Apa sih kegunaan RD/FD? Dia merupakan komponen penting guna untuk memindahkan gear. Ga lucukan kalo tanjakan curam hanya menggunakan gear kecil, dikarenakan RDnya rusak/ga normal. Maka dari itu cukup penting membawa obeng ini untuk kelancaran perpindahan gear bilamana settingan FD/RD berubah karena medan track yang rusak.

Chain rivet extractor/untuk sambung putus rantai;
        Alat yang sederhana tapi lumayan mahal sekitar 50 ribuan , gunanya apa sih? Ya sesuai dengan namanya dia berguna untuk menyambungkan rantai yang terputus, ko ada sambung putus? Buat apa diputus trus disambung? Nanti juga ngerti maksudnya hhe. Jujur saya masih belom bisa menjelaskan untuk alat ini secara detail, karena saya pun masih terbilang newbie untuk urusan yang ini.  Untuk itu saya lampirkan videonya di mari
   
Mini pump/pompa kecil

        Si imut ini berguna untuk memompa ban yang kempis di tengah jalan, dengan bobot yang terbilang sangat ringan tapi lumayan penting, jadi bila berpergian jauh yang mana disinyalir tidak ada tempat pompa ban di pinggiran jalan maka alat ini perlu dibawa, harganya tergolong murah sekitar 35 ribu ke atas :D.

        Setelah beberapa alat tadi yang tergolong penting, lalu di bawah ini beberapa yang menurut saya disimpan di rumah saja :))

Freewheel remover:

         Apaan tuh? Hhe bagi yang pandai bahasa inggris sih biasanya ngerti, tapi kalo yang kaga kaya saya aga rancu juga buat deskripsiinnya. Alat ini berguna untuk mencopot dan memasang sprocket pada bagian freehub belakang. Harganya aga bikin nelen ludah hha. Tapi ada ko yang aga murah, dia berbentuk gabungan mistar besi dan rantai, tapi yang saya miliki bukan yang seperti itu.

Chain lube:

       Yang punya motor pasti tau dah kalo kaya gini, parawatan pada rantai baiknya dilumasi dengan pelumas khusus, jangan menggunakan oli bekas, karena akan mengurangai masa keawetan rantai, maka dari itu gunakan chain lube saja, toh harganya perbotol rata2 15ribuan.

 Kunci jari-jari:
       Kunci ini digunakan untuk mengencangkan jari-jari, ciri2 jari2 yang tidak kencang atau sudah perlu pembetulan biasanya di tandai dengan ban yang sudah goyang/ tidak presisi lag

2 komentar:

  1. Thx untuk infonya..suka banget sma artikelnya..mampir jg yuk ke http://elementmtb.com/jangan-lupa-bawa-ini-saat-gowes/

    BalasHapus